https://jatim.antaranews.com/berita/259293/kota-probolinggo-dilwati-pawai-obor-asian-games
Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA2018

 

Probolinggo (Antaranews) – Pawai obor Asian Games ke-18 akan melewati Kota Probolinggo, Jawa Timur, yang diperkirakan tiba di kota setempat pada 21 Juli 2018.

“Kota Probolinggo mendapat kehormatan dari pemerintah karena ditunjuk sebagai salah satu daerah yang menyelenggarakan ‘torch relay’ (pawai obor) Asian Games 2018,” kata Sekretaris daerah Kota Probolinggo Bambang Agus Suwignyo di Probolinggo, Jumat.

Untuk menyukseskan pawai obor tersebut, lanjut dia, Pemerintah Kota Probolinggo sudah menggelar rapat persiapan penyambutan pawai obor yang dihadiri oleh organisasi pemerintah daerah (OPD), camat, lurah, dan kepala sekolah se-Kota Probolinggo.

“Saat rapat di Jakarta beberapa waktu lalu, pemerintah pusat berharap semua daerah yang disinggahi menyiapkan pawai obor itu baik pendanaan maupun pelaksanaannya,” tuturnya.

Menurutnya Obor Asian Games melewati 18 Provinsi dengan 64 kabupaten/kota di Indonesia yang salah satunya Kota Probolinggo mendapatkan kesempatan untuk dilewati Obor Asian Games tersebut.

“Kami harus memanfaatkan momentum itu sebagai promosi wisata Kota Probolinggo. Sebanyak 44 negara meliput kegiatan pawai obor itu, sehingga kami siapkan sambutan yang luar biasa dan dipilih objek wisata BeeJay Bakau Resort (BJBR) sebagai lokasi transit, agar diekspose di seluruh Asia,” katanya.

Ia menjelaskan seluruh perwakilan siswa dari sekolah dan karyawan Pemkot Probolinggo akan dikerahkan untuk menyambut obor Asian Games dengan membawa bendera merah putih di sepanjang jalan yang dilalui.

“Saya juga meminta ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Kota Probolinggo dan Kosela (Komunitas Sepeda Lama) juga mengikuti iring-iringan pawai obor Asian Games ini. Saya juga meminta umbul-umbul dan spanduk penyambutan harus sudah mulai dipasang hari ini,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Probolinggo Didit Irwanto mengatakan rute yang akan dilalui pawai obor Asian Games di Kota Probolinggo dimulai di Balai Kota.

“Kemudian menuju Jalan Suroyo, masuk Jalan A. Yani kemudian belok di depan Masjid Agung dan masuk Jalan KH Mansur. Belok ke barat, masuk Jalan Banda menuju Kantor Kecamatan Mayangan ke utara sampai Polsek Mayangan, kemudian ke timur menuju BJBR untuk transit jamuan makan dan hiburan,” katanya.

Setelah istirahat, pawai obor Asian Games dilanjutkan menuju depan pasar Kronong ke selatan dan masuk Jalan A Yani, kemudian ke timur dan belok menuju Jalan Gatot Subroto dilanjutkan Jalan P. Sudirman hingga batas Kota Probolinggo.

Obor Asian Games akan memulai perjalanan dari India dengan melewati satu kota di negara tersebut pada 14 Juli 2018, kemudian 15-20 Juli 2018, obor Asian Games akan berada di Jawa Tengah yang dilanjutkan menuju ke makam Presiden pertama Indonesia Soekarno di Blitar, kemudian melewati Kabupaten Malang dan Kota Malang untuk selanjutnya menuju Gunung Bromo dan pada 21 Juli 2018 pukul 08.45 WIB, obor tersebut sampai di Kota Probolinggo. (*)