fbpx

BATIK BERMI ASLI SUKABUMI

Kelurahan Sukabumi Kecamatan Mayangan memiliki kampung tematik “Kampung Bermi”

Di Kampung ini memiliki beberapa kegiatan-kegiatan yang menjadi suatu destinasi, wadah kreatifitas, produk UMKM unggulan dan masih banyak yang lainnya yang sekaligus juga menjadi suatu upaya warga sekitar untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Salah satunya di kampung ini juga terbentuk kampung batik “Kampung Batik Tulis Bermi”

Batik Tulis adalah hasil dari proses produksi batik dengan teknis pembuatan motifnya ditulis langsung secara manual oleh pembatik.

Untuk menulisnya, bisa menggunakan canting yang terbuat dari tembaga yang dilengkapi gagang dari bambu. Ujung dari canting memiliki lubang yang bermacam-macam, sehingga bisa mengatur ukuran motifnya. Selain itu, ada bak penampung canting yang dinamakan dengan nyamplung. Alat ini berisi cairan malam atau pewarna, tergantung dari teknik batik yang nantinya akan digunakan. Batik tulis warna merupakan teknik batik tulis dengan menorehkan cairan malam melalui canting tulis.

Kini di kampung bremi sudah ada para pembatik2 yang terus berkarya melalui batiknya.

Batik Majengan Berlari adalah salah satu produk yang dihasilkan oleh Kampung Batik ini yang oleh Bapak Camat Mayangan dijadikan batik seragam dillingkungan Kantor Kecamatan Mayangan.

Harapan kedepanya kampung bremi menjadi kampung batik di kota probolinggo
Dan berharap menjadi destinasi wisata baru melalui hasil karyanya dengan batik modern nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.